Tempat Jual Bensin Eceran

Tempat Jual Bensin EceranPada artikel ini saya khusus mengambil pertanyaan salah satu calon pedagang bbm bensin eceran yang menanyakan dilihat dari sisi hukum perizinan apa yang di perlukan untuk membuka usaha ini. Mengingat saat ini penjualan bbm eceran dengan bentuk pom mini atau pertamini sedang booming, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memanfaatkan bisnis ini. Walau dia sudah membaca dari beberapa artikel tapi ingin paham secara hukum.

Tempat jual bensin eceran boleh di pinggir jalan atau tempat keramaian dan ini di atur oleh peraturan BPH Migas No. 6 tahun 2015 yang memberi kesempatan kepada para pelaku usaha kecil untuk dapat menjual bbm secara sah. Bahkan mungkin belum banyak yang tahu bahwa semua macam bbm dapat di jual termasuk disini biofuel. Koperasi, usaha kecil dan sekelompok konsumen di berikan izin untuk menjalankanya.

Berdasarkan pada pasal 2 sebagai rujukan kegiatan bisnis hilir dapat di kerjakan oleh badan usaha yang sudah mengantong izin yang sudah di setujui dan di keluarkan oleh mentri. Di laksanakan harus melalui cara serta persaingan yang wajar, sehat dan terbuka. Termasuk disini adalah kegiatan niaga pembelian, penjualan, eksport, import yang di distribusikan.

Berdasarkan peraturan di atas jika merujuk kepada undang-undang yang ada seseorang yang melaksanakan usaha sejenis pertamini atau pom mini dapat di kenakan sanksi jika tidak punya izin. Namun, izin disini di berlakukan bagi mereka yang akan mengambil dari spbu pertamina. Pasal yang mengatur ialah pasal 53 UU 22/ 2001 pasal a “Pengelolahan sebagaiman dimaksud dalam pasal 23 tanpa izin usaha pengelolahan dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling besar lima puluh milyar rupiah.

Di beberapa kali waktu pihak pertamina sudah memberikan ketegasan bahwa mereka yang melakukan usaha pertamini tanpa izin dari pertamina di anggap tidak sah. Jika sudah mempunyai izin maka di anggap legal sebab sudah ada izin yang di terima. Lagian, mereka yang menggambil jika tidak menyertakan surat akan di batasi dari segi pengambilan bbm dari spbu pertamina dan ini merugikan mereka sebab terbatas.

Pihak pertamina walaupun begitu tidak bisa menindak pertamini yang ilegal sebab bukan ranah anak cabang usaha mereka. Untuk atasi hal tersebut bhp miga memberi tahu bagaiman cara agar pertamini mereka di anggap sah dan dengan modal kecil. Dengan seperti itu usaha mereka aman terlindungi dari segi hukum dan bisa menjadi sub penyalur resmi dengan kelebihan dapat mengambil bbm lebih banyak dari yang tidak berizin. Minat bikin pertamini sendiri klik lebih lanjut

Updated: Agustus 11, 2018 — 5:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pom Mini 24 © 2018